Sabtu, 04 Juli 2020

SAGUSABLOG Kelas Lanjutan 43




Ikatan Guru Indonesia (IGI) Selenggarakan Workshop SAGUSABLOG Lanjutan Angkatan 43 Tahun 2020, yang diselenggarakan mulai tanggal 01 s/d 07 Juli 2020. Workshop ini dilaksanakan guna memberikan keterampilan kepada guru-guru di Indonesia untuk mengenal dunia Blogging.

IGI hadir untuk memfasilitasi guru-guru di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang serta maju bersama-sama dalam menjakanki keprofesian di Dunia Pendidikan. Sejak tahun 2009 hingga kini, Ikatan Guru Indonesia menghadirkan berbagai program atau gerakan-gerakan yang dapat diikuti oleh para guru, guna meningkatkan keterampilan terkhusus pada keterampilan Teknologi Informasi dan inovas-inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan di masing-masing tempat mengajar. Kali ini IGI, melaksanakan Workshop Online Sagusablog Lanjutan Angkatan 43 Tahun 2020.

Dengan adanya pelatihan ini , para peserta diharapkan dapat mengikuti atau mempelajari modul-modul yang telah disusun oleh penyelenggara, agar tujuan pelatihan berupa adanya Blog yang dimiliki oleh para guru. 

Blog ini pula diharapkan agar dapat dijadikan sebagai media untuk melaksanakan proses pembelajaran secara virtual di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Pembelajaran Jarak Jauh saat ini, tentu dapat efektif dengan adanya blog ini. Dimana siswa dan guru dapat menyajikan dan mengikuti pembelajaran secara virtual atau dalam jaringan (daring), dengan tetap memberikan materi-materi pelajaran meskipun sekolah sedang diliburkan.

Workshop Sagusablog Lanjutan ini diselenggarakan dengan menyajikan materi pelajaran sebanyak 39 Jam Pelajaran. Dengan memberikan sejumlah penugasan kepada peserta, untuk membuat blog tersebut. Adapun materi pelatihan dapat dilihat sebagai berikut:

MATERI SAGUSABLOG LANJUTAN
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)
Jumlah 39 Jam

Berikut beberapa info PENTING yg perlu diperhatikan seluruh Peserta:
  1. Workshop Online SAGUSABLOG dilaksanakan tanggal 1 s/d 7 Juli 2020.
  2. Peserta dipersilahkan download modul yang sudah tersedia di menu detail kegiatan pada SIM Guru Pembelajar ~> gurupembelajar.igi.or.id
  3. Pelajari modul dan simak video panduan dengan seksama (ulangi jika diperlukan).
  4. Diskusi dan pendampingan di group telegram sesuai kelas masing-masing, group umum sagusablog lanjutan 43-B  untuk komunikasi dan informasi secara umum untuk seluruh peserta sagusablog 43.
  5. Karena keterbatasan waktu pelatih, Peserta workshop online dipersilahkan saling membantu dan menjawab atas permasalahan dari peserta lain.
  6. Diskusi dan penyampaian permasalahan dalam proses workshop di kelas masing-masing, jika permasalah tidak terselesaikan dikelas, silahkan untuk menyampaikan permasalahan di group umum SAGUSABLOG LANJUTAN 43 sebagai bahan diskusi bersama.
  7. Sebelum menyampaikan permasalahan/ pertanyaan, pastikan sudah membaca modul dan sudah menyimak video panduan, karena seringkali menanyakan yang sebenarnya sudah ada penjelasanya di modul/ video.
  8. Sangat disarankan menggunakan laptop/ komputer saat proses pengerjaan tiap modul, walaupun diperbolehkan juga menggunakan tablet atau android dg resiko sedikit kesulitan memahami modul/ video karena tampilan dan menu-menu yang tersedia tampak berbeda.
  9. Laporkan hasil pekerjaan anda melalui SIM Guru pembelajar pada kolom Laporkan Hasil untuk tiap Materi yang sudah anda kerjakan, Pelatih akan memberikan feedback atas laporan pekerjaan anda.
  10. Peserta Workshop Online SAGUSABLOG akan mendapatkan sertifikat setelah dinyatakan LULUS oleh pelatih tiap kelas masing-masing, sertifikat bisa di download langsung melalui SIM Guru Pembelajar.
  11. DILARANG MENYEBARKAN MODUL SAGUSABLOG KE-SELAIN PESERTA WORKSHOP SAGUSABLOG TANPA SEIZIN FOUNDER SAGUSABLOG.
Tetap SEMANGAT! dan Selamat Belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Hasil Penilaian Tengah Semester Genap Kelas IX Tahun 2021-2022

Setelah menyelesaikan kegiatan Tengah Semester Bahasa Jawa, silahkan kalian cek nilainya di bawah ini!